Perubahan Jadwal KAI Per 1 April 2015 - Saturnus Griya Ticketing & Tour Organizer
Headlines News :
Home » » Perubahan Jadwal KAI Per 1 April 2015

Perubahan Jadwal KAI Per 1 April 2015

Written By Unknown on Selasa, 24 Februari 2015 | 18.49



Mulai April 2015, kereta api jalur lintas selatan berubah jadwal  






 Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia ( PT KAI) akan melakukan perubahan jadwal keberangkatan di seluruh perjalanan kereta api, untuk wilayah Jawa dan Sumatera mulai 1 April 2015


Hal itu akan berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan untuk 41 kereta api, dari 45 kereta api yang melintas di jalur selatan.

"Hanya ada empat kereta api yang jadwalnya tidak mengalami perubahan," kata Vice President PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Safrudiansyah, di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (24/2).

Safrudiansyah menjelaskan, dari 41 KA yang mengalami perubahan jadwal, sebanyak 22 KA di antaranya akan berangkat lebih awal dibanding jadwal sebelumnya. Sedangkan, sebanyak 19 KA lainnya mengalami perubahan jadwal lebih mundur dibanding sebelumnya.

"Dengan adanya perubahan ini, kami berharap bagi calon penumpang yang sudah memesan tiket kereta api untuk perjalanan 1 April dan seterusnya, untuk memperhatikan jam keberangkatan," jelasnya.

Sementara itu, Manager Corporate Communication PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono mengatakan perubahan jadwal tersebut akan bervariasi, dimana akan ada jadwal pemberangkatan yang mundur atau maju lebih dari satu jam dari jadwal semula.

Dia menyebut, beberapa kereta api yang mengalami perubahan jadwal perjalanan cukup signifikan antara lain KA Purwojaya jurusan Cilacap-Gambir, KA Fajar Utama Yogya jurusan Yogyakarta-Pasar Senen, dan KA Senja Utama jurusan Yogyakarta-Pasar Senen.

"KA Purwojaya yang sebelumnya berangkat pukul 19.42 WIB dari stasiun Purwokerto, dimajukan menjadi pukul 16.10 WIB. Selain itu, untuk KA Fajar Utama yang sebelumnya berangkat dari Stasiun Purwokerto pukul 11.29 WIB, dimajukan menjadi pukul 09.52 WIB. Sedangkan KA Senja Utama yang semula berangkat dari stasiun Purwokerto pukul 23.12 WIB, dimajukan menjadi pukul 20.50 WIB," jelasnya.

Perubahan jadwal tersebut, juga mempengaruhi perjalanan ketiga KA tersebut dari arah Jakarta menuju arah timur. Dirinya mencontohkan, KA Purwojaya yang tiba di stasiun Gambir pukul 21.23 WIB, sesuai jadwal baru, akan segera berangkat lagi menuju Cilacap pada pukul 22.15. "Dengan perubahan jadwal ini, maka KA Purwojaya menjadi KA penumpang yang berangkat paling akhir dari Stasiun Gambir," katanya.

Sementara untuk KA yang tidak mengalami perubahan jadwal, antara lain KA Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang, KA Serayu pagi dan Serayu Malam jurusan Purwokerto-Pasar Senen via Bandung.

Surono menyebutkan, perubahan jadwal tersebut terjadi karena pada tahun 2015, ada 16 tambahan jadwal perjalanan KA yang baru dioperasikan.

"Keenam belas KA tersebut, terdiri dari enam rangkaian KA penumpang dan 10 rangkaian KA barang. Dalam Gapeka (Grafik Perjalanan KA) 2014, keenam belas KA tersebut belum dimasukkan sehingga dalam Gapeka 2015, terjadi perubahan jadwal perjalanan hampir di semua KA yang dioperasikan," paparnya.

Untuk enam rangkaian KA penumpang yang dimasukkan dalam Gapeka 2015, antara lain empat jadwal perjalanan baru KA Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang dan dua jadwal perjalanan KA Joko Tingkir jurusan Purwosari-Pasar Senen.

Sedangkan, sebanyak 10 KA barang yang baru dioperasikan, antara lain dua KA Parsel (KA pengantar barang) jurusan Jakarta-Purwokerto- Malang- Surabaya, dan enam KA angkutan semen, serta dua KA angkutan BBM.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Saturnus Griya Ticketing & Tour Organizer - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template