Mengenal Islam Di Tanah Jawa - Saturnus Griya Ticketing & Tour Organizer
Headlines News :
Home » » Mengenal Islam Di Tanah Jawa

Mengenal Islam Di Tanah Jawa

Written By Unknown on Jumat, 27 Februari 2015 | 20.57

Mengenal Para Wali


Mengenal para wali songo juga menjadi catatan sejarah penting bagaimana perjuangan para wali, terutama wali songo betapa para leluhur kita berjuang dengan semangat dan pengorbanan saat menegakkan syiar agama Islam di bumi Nusantara. Hasilnya, agama Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia. Bahkan, penduduk negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia adalah Indonesia mengalahkan Saudi Arabia yang diklaim sebagai negara Islam.

 Sunan Kudus
Sunan Kudus adalah keturunan ke 24 Nabi Muhammad yang lahir dari perkawinan Sunan Ngundung dengan Syarifah Ruhil atau yang dikenal dengan Nyai Anom. Sunan Kudus memiliki peran penting dalam berdirinya kerajaan Demak Bintoro.

Sunan Kudus juga merupakan panglima perang atau senopatinya Kesultanan Demak yang juga merupakan penasehat Sultan Demak dan juga hakim peradilan negara. Sunan Kudus lebih memilih berdakwah di kalangan penguasa atau priyayi.

Salah satu murid Sunan Kudus yang paling populer adalah pangeran Arya Penangsang, Sunan Prawoto sebagai keturunan Raden Patah, termasuk Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir. Peninggalan paling berharga dari Sunan Kudus adalah menara Kudus yang memiliki gaya arsitektur Islam dan Hindu. Sunan Kudus wafat sekitar tahun 1550 dan dimakamkan di sekitar menara Kudus.

Sunan Muria
Sunan Muria adalah anak dari Sunan Kalijaga dengan Dewi Sarah. Sunan Muria sendiri menikah dengan Dewi Sujinah yang merupakan adik Sunan Kudus. Makam Sunan Muria berada di pegunungan Muria, Kudus, Jawa Tengah.

Sunan Kalijaga
Sunan Kalijaga adalah murid dari Sunan Bonang yang dikenal dengan dakwah akulturasi antara Islam dan Jawa yang sangat kental. Kanjeng Sunan Kalijaga biasa memakai kesenian dan budaya sebagai media dakwah, misalnya wayang kulit dan tembang suluk.

Salah satu tembang ciptaan Sunan Kalijaga yang paling populer adalah Lir-Ilir dan Gundul-gundul Pacul. Makam Sunan Kalijaga berada di kompleks pemakaman Kadilangu, Demak, Jawa Tengah.

di Sunting dari  : http://www.islamcendekia.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Saturnus Griya Ticketing & Tour Organizer - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template